Jakarta, 11 Juli 2018, eSport merupakan salah satu pertandingan olahraga yang terbilang masih baru di Indonesia. Pertumbuhannya dapat dikatakan berkembang sangat pesat dari tahun ke tahun. Pemain profesional dan non-profesional eSport yang semakin berkembang di Indonesia, menjadi sebuah nilai kuat bagi Indonesia untuk terus berkompetisi secara nasional maupun internasional. Di tahun ini eSport sudah menjadi cabang olahraga eksibisi di Asian Games 2018 dan akan resmi masuk dalam agenda Olimpiade 2019. Hal inilah yang menjadikan eSport sebagai olahraga yang potensial. Di dunia, pertumbuhan eSport sangat fenomenal dan menjadi salah satu olahraga yang paling tinggi pertumbuhannya dibanding olahraga lainnya. Hal inilah yang menginspirasi PT. Asiasejahtera Perdana Pharmaceutical menggelar ajang Kratingdaeng Indonesia eSport Chamionship 2018.

Kratingdaeng Indonesia eSport Championship (Kratingdaeng IEC 2018) hadir dan ditargetkan menjadi sebuah kompetisi eSport terbesar di Indonesia dengan jumlah peserta 20.000 orang yang tersebar di kota-kota di Indonesia dan memperlombakan beberapa jenis games. Di ajang ini, kompetisi akan dibagi dalam dua babak, yaitu babak pertama qualifier (online dan offline) khusus untuk permainan Mobile Legends dan PUBG. Babak kedua yaitu grand finale akan diadakan pada tanggal 8-9 September 2018 di Indonesia Convention Exhibiton (ICE) BSD. Total hadiah yang akan diperebutkan dalam IEC ini mencapai lebih dari 1 Milyar rupiah.
Jenis permainan yang akan diusung di Kratingdaeng IEC 2018 ini akan dibagi lagi berdasarkan games platform, yaitu: konsol, PC dan Mobile. 2 permainan utama yang dipertandingkan dalam eSport adalah Mobile Legends dan PUBG. Dalam kesempatan ini, Kratingdaeng IEX 2018 pun mengikutsertakan beberapa tim profesional Indonesia yang sudah terbukti keahliannya untuk turut serta bertanding. Di ajang ini KratingDaeng juga akan menjadi pertama yang menghadirkan pertandingan eksibisi untuk permainan Fortnite yang saat ini sangat populer di dunia dan mulai merambah Indonesia. Selain itu, untuk bridging menuju international competition, tahun ini akan ada international exhibition match antara team gamer versus best gamer luar negeri. Perwakilan Indonesia tentunya dipilih dari best player yang menjadi juara di kompetisi Kratingdaeng IEC 2018 ini. Match ini sendiri akan menjadi puncak acara yang paling ditunggu oleh para pemain maupun para penonton Kratingdaeng IEC 2018.
Sonny Listhon, General Manager Redstone selaku EO penyelenggara Kratingdaeng IEC 2018 mengatakan “Sebagai acara bertaraf nasional, Kratingdaeng IEC 2018 memiliki target partisipan yang cukup besar, sekitar 20.000 peserta akan berpartisipasi dalam kompetisi ini. Pendaftaran kompetisi PUBG maupun Mobile Legends akan dimulai sejak berlangsungnya Game Conference yang bertempat di Ballroom Kuningan City, lantai 7, Jakarta Selatan pada tanggal 11 Juli 2018, dan pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui http://iec.kratingdaeng.co.id. Untuk kualifikasi PUBG sendiri akan dimulai pada bulan Juli minggu ke 3 dan diperkirakan akan ada lebih dari 3.000 orang peserta. Sementara kualifikasi Mobile Legends akan dimulai pada bulan Agustus diperkirakan akan ada 1.200 tim Mobile Legends dari 4 region di seluruh Indonesia, yaitu region Sumatra, Jawa Nusabali, Sulawesi-Papua dan Kalimantan. Sedangkan untuk babak grand final, sekitar 128 tim Mobile Legends akan bertanding di BSD dan akan ada 20 tim PUBG yang akan dipertandingkan secara bersamaan. Selain 2 main games tersebut akan ada pertandingan mini games lainnya yang akan dipertandingan di Kratingdaeng IEC 2018 dengan melibatkan beberapa komunitas, seperti cosplay, tamiya, hotwheels, hado dan lainnya.”

Kratingdaeng selaku inisiator acara ini sangat serius dalam menggarap segmen konsumen di industri eSport yang mayoritas adalah milenial. Hal ini dibuktikan dengan menjadi sponsor utama dalam ajang akbar ini. David Thomas Lai, selaku Marketing Director PT. Asiasejahtera Perdana Pharmaceutical mengatakan, “Kami berinventasi besar pada event ini karena Kratingdaeng sebagai minuman energi premium erat kaitannya dengan para gamer. Kratingdaeng yang mengandung Tairun, Kafein dan Vitamin B Kompleks sudah terbukti sangat berkhasiat untuk meningkatkan stamina dan konsentrasi saat bermain game”. Selain menggelar event ini Kratingdaeng kedepannya juga akan membangun tim gamer profesional yang tidak hanya bisa bertanding dilevel nasional tapi juga akan berlaga di event internasional. “Kami harap dengan menggelar event ini, kami bisa berpartisipasi aktif dalam mengembangkan potensi positif anak muda Indonesia. Inilah kesempatan terbaik untuk para gamer nasional untuk menjadi salah satu atlet eSport profesional karena pemenang pada ajang ini berpotensi menjadi tim eSport Kratingdaeng. Kami akan menyediakan coaching, dukungan fasilitas dan finansial yang memadai untuk para atlet ini untuk menjadi gamer profesional yang bisa bersaing di level internasional”, tambah David.
Hal senada juga diungkapkan oleh pihak Orang Tua Grup yang menempatkan 4 produknya yaitu Tango, Crystalline, MintZ, dan Adem Sejuk sebagai sponsor pendukung. “Produk-produk ini juga pas dikonsumsi saat bermain game, karena rasa dan formatnya. Kami selalu mendukung kegiatan anak-anak muda Indonesia yang selalu melawan puas dengan kegiatan positif seperti ini. Apalagi kegiatan ini digagas dan dikerjakan sepenuhnya oleh anak bangsa. Hal ini juga menjadi inspirasi bagi kami untuk terus berkarya lebih baik, melalui produk-produk yang kami hasilkan.” ujar Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication Orang Tua Grup.
Untuk menyelenggarakan acara sebesar ini tentunya Kratingdaeng butuh dukungan dari berbagai pihak. Redstone yang dipercaya Kratingdaeng sebagai pihak penyelenggara juga bekerjasama dengan berbagai publisher seperti Moonton, Blue Hole, PUBG Corp. Pihak RedStone juga menggandeng sponsor dan komunitas pendukung seperti Orang Tua Grup, Baterai ABC Alkaline, Tanggo, MintZ, Adem Sejuk, Crystaline, Optik Seis, Telkomsel, Telkom Indonesia, Indihome, UniPin, Digitalife, Digital Allianz, DA Arena, Arena Gaming, LG Gaming Monitor, MET, Sades, APTIKNAS, Funpax, GCR, PES2018, Megaxus, Digital True Plus, Vain Glory, ROS, Shinoby legend dan lain-lain.
Dengan berbagai dukungan dari banyak stakeholder eSport, ditargetkan tahun depan event ini bisa dijadikan event destination yang didukung oleh departemen pariwisata Indonesia untuk menjadi International event karena berpotensi mengundang player dan penonton dari dalam dan luar negeri.

Kratingdaeng IEC 2018 juga turut dimeriahkan oleh artis-artis ternama yang digemari para gamers seperti Weird Jenius dan JKT48. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan adanya booth exhibition yang menjual barang yang berkaitan dengan hobi dan games, fashion apparel, serta technology. Turut bekerjasama juga dengan food truck Jakarta, dimana akan ada berbagai pilihan makanan dan minuman yang beragam. Setiap pengunjung yang hadir pun juga akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan door prize menarik satu buah motor sport custom dan meet n greet dengan caster Idola dari luar negeri, cosplayer dalam dan luar negeri serta Gamer Idols.
Harga tiket Kratingdaeng IEC 2018 dibagi menjadi 2, pre-sale dan harga normal (untuk VIP dan regular). Pre-sale akan mulai dijual pada H-2 bulan grand final, dengan harga Rp125.000,- (untuk tiket regular) dan Rp175.000,- (untuk harga tiket VIP). Sedangkan untuk harga normal, tiket regular akan dikenakan biaya Rp200.000,- dan untuk VIP Rp250.000,-. Tiket tersebut merupakan akses mengikuti event selama 2 hari. Semua informasi mengenai acara ini bisa diakses di http://iec.kratingdaeng.co.id.
Sejak tahun 1991, PT. Asiasejahtera Perdana Pharmaceutical (ASPP) telah memasarkan produk Kratingdaeng di Indonesia agar dapat dinikmati oleh masyarakat yang haus akan energi sesungguhnya. Sebagai distributor tunggal minuman energi dan kesehatan di pasaran Indonesia, PT. ASPP hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan hidup yang sehat melalui berbagai produk berkualitas tinggi yang dimilikinya.
Produsen resmi Kratingdaeng di Indonesia, yaitu PT. AHEB berkomitmen untuk memberikan minuman energi bertaraf internasional yang diproduksi dari bahan berkualitas dengan menggunakan mesin berteknologi tinggi, serta melewati pengawasan ketat. Komitmen ini pun telah diakui melalui berbagai sertifikasi, yaitu sertifikasi Halal dan juga sertifikasi internasional yang diraihnya, seperti ISO 9001 (Quality Management System), ISO 140001 (Environment Management System), ISO 22000 (Food Safety Management System), dan OHSAS 18001 (Occupational Health & Safety Management System).