Menu Close

IGX 2025 Semarang: AGKDI Tegaskan Peran Strategis Dalam Ekosistem Game & Konten Digital

Semarang, 18 September 2025 — Setelah sukses diselenggarakan di Tangerang dan Surabaya, Indonesia Game Experience (IGX) 2025 kini memasuki kota ketiga dalam roadshow nasionalnya. Perhelatan industri game dan konten digital terbesar ini diselenggarakan oleh Asosiasi Game & Konten Digital Indonesia (AGKDI), dengan dukungan dari Kementerian Kebudayaan RI, APTIKNAS, APKOMINDO, APGI, serta PERATIN.

IGX 2025 mengusung tema integrasi antara budaya, teknologi, dan kecerdasan buatan (AI), dan dirancang sebagai katalisator untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif digital, khususnya di Jawa Tengah.


AGKDI dan Kepemimpinan Ketua: Menyatukan Game, Konten Digital, dan Budaya

Menurut Ketua Umum AGKDI, Hendri Andrigo Sutanto, penyelenggaraan IGX di Semarang merupakan langkah penting dalam misi asosiasi untuk memperkuat sinergi antara industri game, konten digital, dan budaya Indonesia.

“Kami ingin memastikan bahwa game tidak hanya dilihat sebagai hiburan, tetapi juga sebagai sarana edukasi, pelestarian budaya, dan penggerak ekonomi kreatif,” tegasnya.

Ia berharap Semarang akan tumbuh sebagai pusat ekosistem digital yang terus berkembang, bertumpu pada dukungan komunitas dan sponsor.


Sambutan Para Pejabat & Tokoh Asosiasi

Beberapa pejabat dan tokoh asosiasi turut memberikan sambutan sederhana namun sarat makna pada pembukaan IGX:

SONY DSC

Ir. Soegiharto Santoso, SH., Ketua Umum DPP APTIKNAS dan APKOMINDO, menyebut IGX Semarang sebagai momentum penting dalam menghubungkan teknologi, budaya, dan industri kreatif.

Dari pemerintah pusat, Ahmad Mahendra (Dirjen Kebudayaan Kemenbud RI) yang diwakili Andi Syamsu Rijal, S.S., M.Hum., menyampaikan apresiasi tinggi kepada panitia IGX.

Edy Joko Kiswanto, Ketua DPD APTIKNAS dan APKOMINDO Jawa Tengah, berharap acara ini bisa membantu komunitas gamer dan teknologi di Jawa Tengah naik level.

Andi Mulja Tanudiredja (PT Masterdata Digital Cyberindo, partner TAITRA Jakarta) melihat IGX sebagai jembatan antara teknologi global dan kreativitas lokal.

Santi Silviana, Operations Manager The Park Semarang, menegaskan dukungannya terhadap acara yang menginspirasi anak muda.


Rangkaian Acara Unggulan & Tech Summit

IGX 2025 di Semarang menghadirkan banyak aktivitas menarik, di antaranya :

  • Turnamen esports amatir dengan total hadiah Rp 50.000.000 untuk berbagai game populer.
  • AGKDI Tech Summit 2025 dengan tema “Educating the Future: Integrating Culture, Technology, and AI in Creative Industries”.
  • Cosplay Parade, pameran produk gaming, dan berbagai promo dari brand sponsor terkemuka.

Catatan & Harapan ke Depan

Dalam gelaran IGX 2025 Semarang, terlihat betapa besar harapan yang digantungkan pada AGKDI — tidak hanya sebagai penyelenggara, tetapi sebagai penggerak utama ekosistem game dan konten digital Indonesia.

Ketua AGKDI Hendri Andrigo Sutanto menegaskan tujuan bahwa game dan konten digital harus memiliki peran ganda: hiburan dan edukasi/kebudayaan, sekaligus berkontribusi terhadap ekonomi kreatif.

Ke depan, harapan besar disematkan agar IGX terus tumbuh sebagai agenda nasional dan internasional, menjadi tempat lahirnya karya digital bermutu dan berdampak luas. Semoga semangat integrasi teknologi, budaya, dan kreativitas terus dihidupkan — dengan AGKDI selalu berada di garis depan.